Selasa, 06 November 2012

DESAIN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BERBASIS KOMPUTER



Sayed Asfahani
ABSTRAK
Mahli Baru merupakan salah satu UKM yang bergerak di bidang perusahaan dagang, persediaan barang dagang merupakan salah satu hal yang paling penting bagi kelangsungan usaha. Karena persediaan barang dagang mengalami perputaran yang cepat setiap harinya sehingga sumber utama pendapatan perusahaan adalah dari penjualan persediaan tersebut. Di era globalisasi seperti sekarang ini perusahaan harus bersaing dengan perusahaan–perusahaan besar dalam menjalankan bisnisnya sehingga dalam menjalankan usahanya manajemen Mahli Baru sangat membutuhkan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu, informasi ini sangat di perlukan oleh pihak manajemen untuk pengambilan keputusan, melakukan perencanaan dan juga pengendalian. Salah satu informasi yang sangat di perlukan adalah informasi tentang persediaan barang dagang. Untuk itu pihak manajemen Mahli Baru sudah menerapkan sistem informasi persediaan berbasis komputer yang memudahkan mereka dalam mendapatkan informasi yang di perlukan.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai metode analisis data. Dalam menganalisis penelitian deskriptif kualitatif  maka langkah-langkah yang dilakukan adalah pengumpulan informasi, reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan sistem informasi akuntansi persediaan berbasis komputer yang di terapkan pada Mahli Baru sangat membantu perusahaan dalam aktivitas bisnisnya dan dengan diterapkannya sistem informasi akuntansi berbasis komputer dapat menghasilkan laporan-laporan yang di butuhkan pihak internal maupun ekternal perusahaan. Pemakaian komputer dalam aktivitas pengolahan data dalam perusahaan menjadikan perusahaan mampu menghasilkan laporan secara cepat, tepat dan menghemat biaya.

Kata kunci: sistem informasi akuntansi berbasis komputer, persediaan, Zahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar