Minggu, 04 November 2012

PENGARUH STRUKTUR CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2008-2010

CUT DARMAWATI0801103010146

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh struktur corporate governance yaitu proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, jumlah rapat komite audit, auditor eksternal, kepemilikan manajemen, dan kepemilikan institusional baik secara simultan maupun secara parsial terhadap pengungkapan modal intelektual. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2008-2010. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah verificative (hypothesis testing) research.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dengan balanced panel data. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah perusahaan yang berturut-turut terdaftar di Jakarta Islamic Index selama tahun 2008 sampai 2010 dan mempunyai data lengkap untuk semua variabel yang diteliti. Terdapat 42 observasi perusahaan yang memenuhi kriteria populasi selama tiga tahun pengamatan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang telah di audit dan terpublikasi yang diperoleh dari website www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur corporate governance yaitu proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, jumlah rapat komite audit, auditor eksternal, kepemilikan manajemen, dan kepemilikan institusional baik secara simultan maupun secara parsial berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci : struktur corporate governance, pengungkapan modal intelektual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar