Minggu, 25 November 2012

EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMBIAYAAN MUDHARABAH LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH MIKRO



WAHYUNI 
Unsyiah, Akuntansi


 ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa efektivitas sistem pengendalian intern kegiatan pembiayaan mudharabah pada Baitul Qiradh Cut Nyak Dhien. Fokus penelitian ini pada penerapan efektivitas sistem pengendalian intern pembiayaan mudharabah yang dilakukan oleh Baitul Qiradh Cut Nyak Dhien. Jenis pembiayaan yang dianalisis dikhususkan pada pembiayaan mudharabah.
            Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu dengan mengukur efektivitas sistem pengendalian intern pembiayaan mudharabah yang ada pada Baitul Qiradh Cut Nyak Dhien dalam mengantisipasi kemungkinan resiko yang mungkin timbul.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data dan informasi yang telah dikumpulkan dan dianalisis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum Baitul Qiradh Cut Nyak Dhien telah menerapkan SPI yang memadai untuk mengantisipasi terhadap resiko-resiko yang mungkin timbul dari kegiatan pembiayaan yang dilakukannya. Untuk dapat terus meningkatkan efektivitas kinerja yang lebih baik lagi di masa mendatang, sebaiknya Baitul Qiradh Cut Nyak Dhien dapat membuat ketentuan tertulis tentang apa-apa saja yang harus dilakukan oleh personil Baitul Qiradh jika ada permohonan pembiayaan, agar segala sesuatu yang harus mereka kerjakan menjadi lebih jelas.
  vii
 
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar