Minggu, 25 November 2012

PENERAPAN AUDIT INTERN BERBASIS RISIKO PADA BIDANG PEMBIAYAAN




WAHYUNI  IBR   
Unsyiah, Akuntansi

ABSTRAK

       Pentingnya audit terutama untuk mambantu bank menekan risiko yang sangat beragam. Salah satunya yaitu risiko intern, seperti misjudgment, penyelewengan dan pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku. Upaya untuk menciptakan bank sehat harus dimulai dengan langkah pencegahan secara dini risiko usaha yang dapat mengganggu bank. Pembiayaan merupakan kegiatan usaha bank yang penting dan faktor yang menentukan tingkat kesehatan bank. Dalam memberikan pembiayaan, pihak bank harus benar-benar mengikuti prosedur yang telah diterapkan. 
       Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Untuk penelitian lapangan, dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak-pihak terkait pada bidang pembiayaan dan divisi pengawasan intern serta observasi langsung pada objek penelitian.  
       Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan audit intern berbasis risiko dalam kegiatan pembiayaan yang dilaksanakan pada PT. Bank Syari’ah Mandiri Banda Aceh. Metode analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan membandingkan data yang diperoleh dengan teori yang ada.
       Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, Bank Syariah Mandiri telah melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan prosedur atau kebijakan yang berlaku dan divisi pengawas intern telah bekerja berdasarkan kebijakan yang ditetapkan manajemen melalui review, analisis, menilai dan memberi rekomendasi atas penyimpangan yang terjadi.

Kata kunci : Audit intern berbasis risiko, pembiayaan, tingkat kesehatan bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar