Rabu, 07 November 2012

PENGARUH STRES TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI BAPPEDA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM



 ABSTRAK
 M U L Y A D I

Nim: 0011211539



Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres terhadap semangat kerja pegawai BAPPEDA Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada BAPPEDA Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan Penarikan sampel ini dilakukan dengan metode “Stratifield Random Sampling” terhadap seluruh pegawai pada BAPPEDA Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam berdasarkan lokasi kerja. Pengambilan sampel diambil 82 % dari jumlah total 122 pegawai  yang di dasarkan pada lokasi kerja sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel stres dilihat dari faktor lingkungan, individual dan organisasi sangat erat hubungannya terhadap variabel semangat kerja  yaitu sebesar 98,1 %.Pengaruh stres baik dari faktor lingkungan, individual dan organisasi terhadap semangat kerja sebesar 96,2 %, dan sisanya 3,8 % dipengaruhi oleh variabel lainnya seperti motivasi, disiplin kerja dan lain-lain.
Pengujian yang dilakukan secara partial ternyata diperoleh T hitung dalam penelitian ini untuk semua variabel bebas lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan semua variabel bebas dalam penelitian ini dilihat dari variabel faktor lingkungan, individual dan organisasi secara partial berpengaruh signifikan  terhadap semangat kerja. Pengujian dengan menggunakan uji F juga memberikan pengaruh yang signifikan secara simultan variabel faktor lingkungan, individual dan organisasi terhadap semangat kerja.
Untuk menghindari dan mengatasi stress kerja pegawai yang disebabkan oleh faktor lingkungan seperti kurang menguasai teknologi seperti komputer, internet dan sebagainya sebaiknya pimpinan BAPPEDA dapat melakukan pelatihan yang lebih intensif dan melibatkan pegawai dari semua golongan.  Bahkan akan lebih baik lagi apabila dalam perekruitan pegawai keahlian-keahlian yang dimiliki oleh calon pegawai juga turut dipertimbangkan sehingga diharapkan pegawai yang diterima adalah pegawai yang siap pakai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar